Pengmuman Hasil seleksi CPNS tahun 2013 dari honorer K2 Terkini

Alih-alih serentak, pengumuman hasil tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) malah mundur lagi. Yakni dari 14 Desember menjadi 24 Desember 2013 untuk pelamar umum. Sedangkan bagi honorer kategori dua (K2) molor sebulan, menjadi akhir Januari 2014.

    Jadwal pengumuman terbaru ini diketahui dari surat edaran yang dikeluarkan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Tasdik Kinanto yang ditujukan kepada seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) pusat dan daerah.

    ’’Hasil seleksi CPNS tahun 2013 dari honorer K2 dan penetapan/persetujuan formasi tenaga honorer yang dinyatakan lulus untuk masing-masing instansi akan diserahkan di Kemenpan-RB pada minggu ke-4 bulan Januari 2014,” jelas Tasdik dalam surat edaran tersebut.

    Dalam surat tertanggal 11 Desember 2013 itu, Tasdik juga menerangkan, untuk hasil tes kompetensi dasar (TKD) seleksi CPNS dari pelamar umum beberapa kementerian/lembaga dan provinsi serta kabupaten/kota yang melaksanakan seleksi dengan sistem lembar jawaban komputer (LJK), akan diserahkan di Kemenpan-RB pada 19 Desember 2013.

    ’’Khusus untuk kabupaten/kota akan diserahkan kepada sekretaris provinsi,” ungkap Tasdik.
    Sementara untuk pengumuman kelulusan hasil tes CPNS dari pelamar umum, lanjutnya, dilakukan oleh masing-masing PPK, serentak pada 24 Desember 2013, sesuai formasi yang ditetapkan/disetujui Menpan-RB Azwar Abubakar. 

    Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan menyayangkan beberapa kali penundaan pengumuman hasil tes CPNS baik dari jalur umum maupun kategori dua. Sebab dengan berbagai perbaikan sistem penerimaan CPNS, seharusnya bisa diumumkan sesuai jadwal.
    Namun, meski ikut mengawasi sejak awal proses penerimaan CPNS tahun ini, Ade mengaku tidak mengetahui apa alasan Kemenpan-RB mengulur-ulur pengumuman. ’’Yang tahu alasan penundaan Kemenpan. Kami berharap sesuai jadwal. Ini mestinya cepat,” tandas Ade.

    Dari hasil pengamatan ICW, imbuh dia, salah satu kendala sehingga pengumuman hasil tes CPNS terutama untuk pelamar kategori K2 tertunda adalah format LJK yang digunakan. Kondisi ini berbeda dengan sistem yang digunakan pada pelamar umum karena sebagian besar sudah memakai sistem computer assisted test (CAT).

    ’’Yang K2 itu kan soalnya LJK, beda dengan umum yang sebagian pakai sistem CAT. Memang secara teknis lebih ribet LJK walau dari sisi jumlah peserta lebih banyak pelamar umum,” sebutnya.
    Nah, saat ditanya soal kekhawatiran para peserta penerimaan CPNS terkait penundaan ini terjadi lantaran adanya ’’permainan” berupa kecurangan-kecurangan, Ade berharap hal itu tidak terjadi.
    ’’Mudah-mudahan tidak seperti itu (kecurangan) karena sejak awal pemerintah sudah memperbaiki sistemnya, melakukan perubahan mekanisme dan sebagainya. Tinggal umumkan saja alasan penundaan ini,” tukas Ade.

    Karena itu, pihaknya juga mengimbau kepada para peserta tes CPNS maupun masyarakat untuk bersikap kritis dalam mengawasi penerimaan CPNS. Bila ada peserta yang lulus tidak sesuai dengan kriteria dan persyaratan, maka harus dilaporkan supaya dianulir kelulusannya.
    ’’Kalau ada yang diluluskan tidak memenuhi syarat, misalnya bekerja di atas 2005, atau sebelumnya tidak honorer, pernah jadi honorer tapi sudah lama vakum namun lulus juga, ini harus dicoret,” tandasnya. 

    Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Syarip Anwar mengaku belum mengetahui hal ini. ’’Saya belum tahu, dan kami hanya menunggu,” ujarnya.
Dalam hal ini, pihaknya pun menyatakan tidak akan melakukan protes terhadap pihak Kemenpan-RB. ’’Mau gimana lagi? Soalnya ini terjadi secara nasional. Kalau pengunduran ini hanya terjadi pada Lampung, maka sudah pasti kami marah besar. Jadi, kami sifatnya hanya menunggu,” katanya.
Bagaimana dengan instansi vertikal lainnya? Kebanyakan dari mereka belum mendapat pemberitahuan dari kementerian masing-masing yang menaunginya. Seperti yang dialami Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung.

’’Sampai saat ini, kami belum tahu kapan pengumuman CPNS dilakukan. Belum ada pemberitahuan dari pusat,” ujar Humas Kanwil Kemenag Lampung Istutiningsih kemarin.
Tags